Selamat Belajar.
Pembelajaran kita kali ini adalah materi membuat laporan. Materi ini tercakup pada pembelajaran 3 Tema 1 Selamatkan makhluk hidup dan Subtema 2 Hewan Sahabatku.
Laporan adalah suatu bentuk penyampaian keterangan, berita, pemberitahuan, maupun pertanggungjawaban baik secara lisan atau tulisan dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan tanggung jawab atau wewenang di antara keduanya. Laporan juga merupakan salah satu cara komunikasi dari pihak satu ke pihak yang lain.
Fungsi sebuah laporan diantaranya ialah:
- sebagai bentuk pertanggungjawaban seseorang terhadap tugas yang diberikan,
- sebagai landasan seorang pemimpin untuk mengambil sebuah keputusan/kebijakan,
- sebagai alat untuk melakukan pengawasan,
- sebagai dokumen untuk dijadikan bahan studi atau pengalaman orang lain.
Jenis-jenis laporan berdasarkan bentuk ialah:
- laporan berbentuk surat,
- laporan berbentuk formulir,
- laporan berbentuk buku,
- laporan berbentuk naskah,
- laporan berbentuk memorandum (memo).
Ciri-ciri Laporan yang Baik
Sebuah laporan dikatakan baik jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Obyektif
Ciri-ciri laporan yang baik pertama ialah bersifat objektif dalam hal menyampaikan fakta. Pernyataan yang dibuat dalam laporan tersebut haruslah berdasarkan pada kenyataan. Kesimpulan serta rekomendasi yang diajukan juga disertai dengan bukti yang spesifik dan detail juga terhindari dari sangkaan dan pendapat pribadi. Jika ternyata fakta menunjukkan A maka yang harus dilaporkan A tanpa ada tendensi apapun.
2. Bahasa Formal
Bahasa yang digunakan dalam menulis laporan haruslah formal, jelas, baik, dan teratur. Ciri-ciri laporan yang baik dan benar tentu menggunakan bahasa formal yang baku dan sesuai dengan kaidah penulisan yang terdapat dalam EYD.
Penyusunan paragraf demi paragraf, kalimat demi kalimat, kata demi kata hingga tanda baca harus tepat dan teratur dari segi sintaksis bahasa. Hindari penggunaan kata ganti orang. Titik berat dan penekanan sebuah laporan yang baik tidak berdasarkan pendapat penyaji data namun berdasarkan fakta.
3. Sistematis
Selanjutnya laporan yang baik haruslah ditulis secara sistematis. Penulisan judul, subjudul, dan lainnya disusun secara teratur dengan perencanaan yang bagus. Bagian dari sebuah laporan seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan disusun harus berurutan agar pembaca dapat dengan mudah mengerti isi dari laporan yang ditulis tersebut.
4. Dibuat Atas Permintaan
Laporan umumnya ditulis atas permintaan dari pihak tertentu. Laporan tersebut dibuat sebagai bahan pertanggungjawaban atas suatu tugas yang sudah dilakukan. Laporan ini biasanya berupa laporan panjang atau pendek, sesuai kebutuhan. Namun, ada kalanya seseorang membuat suatu laporan atas inisiatif sendiri.
5. Pembacanya Tertentu
Suatu laporan yang dibuat atas permintaan pihak tertentu dan berdasarkan bidang tertentu pastilah dibaca dan ditujukan untuk pembaca yang khusus. Contoh mudahnya sebuah laporan keuangan perusaahaan yang tentu saja ditujukan dan dipublikasikan hanya pada direktur keuangan, bagian keuangan, serta direktur utama ataupun pada orang-orang yang berhubungan dengan manajemen keuangan perusahaan.
Sistematika Laporan
laporan lengkap yang lengkap, harus dapat menjawab semua pertanyaan mengenai : apa ( what ), mengapa ( why ), siapa ( Who ), dimana ( where ), kapan ( when ), bagaimana ( how ).
Urutan isi laporan sebaiknya diatur, sehingga penerima laporan dapat mudah memahami. Urutan isi laporan antara lain sebagai berikut :
1. Pendahuluan
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
1) Latar belakang kegiatan.
2) Dasar hukum kegiatan.
3) Apa maksud dan tujuan kegiatan.
4) Ruang lingkup isi laporan.
2. Isi Laporan
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
1) Jenis kegiatan.
2) Tempat dan waktu kegiatan.
3) Petugas kegiatan.
4) Persiapan dan rencana kegiatan.
5) Peserta kegiatan.
6) Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta / datanya).
7) Kesulitan dan hambatan.
8) Hasil kegiatan.
9) Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
3. Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Laporan juga harus memperhatikan dengan maksud apa laporan itu dibuat.
Untuk memperjelas pemahaman kalian tentang sistematika laporan dapat dilihat pada sistematika berikut:
Setelah selesai kalian dapat melanjutkan materi yang lain.
Sumber Referensi:
https://tekooneko.com/ciri-ciri-laporan-yang-baik/
https://girlycious09.wordpress.com/tag/sistematika-laporan/